Kode 10 sandi RAPI merupakan salah satu kode sandi yang harus di ketahui agar komunikasi di udara melalui radio bisa berjalan lancar.
Kode 10 sandi RAPI ini berlaku untuk seluruh anggota RAPI diseluruh Indonesia, tidak hanya pada fasilitas resmi frequency RAPI, kadang kala kode sandi 10 RAPI ini juga sering digunakan saat berkomunikasi di beberapa paguyuban yang tersebar di seluruh Indonesia.
NO CODE KETERANGAN
1 10—1 Penerimaan Buruk
2 10—2 Penerimaan Baik
3 10—3 Berhenti mengudara
4 10—4 Benar/dapat dimengerti
5 10—5 Pesan untuk disampaikan
6 10—6 Sedang sibuk kecuali ada trafik
7 10—7 Ada kerusakan/tidak mengudara
8 10—8 Dapat mengudara
9 10—9 Pesan diulang
10 10—10 Penyampaian berita selesai
11 10—11 Bicara terlalu cepat
12 10—12 Mengundurkan diri/ada tamu
13 10—13 Keadaan cuaca/jalan
14 10—14 Informasi
15 10—15 Informasi sudah disampaikan
16 10—16 Harap dijemput/diambil pada….
17 10—17 Ada urusan penting/urgent
18 10—18 Ada sesuatu untuk kita
19 10—19 Bukan untuk kita, kembalikan
20 10—20 lokasi transmit
21 10—21 Hubungi via telepon
22 10—22 Agar melapor ke….
23 10—23 Standby/meminta untuk menunggu
24 10—24 Selesai melaksanakan tugas
25 10—25 Dapat menghubungi….?
26 10—26 Info terakhir kurang diperhatikan
27 10—27 Pindah cenel
28 10—28 Identitas/call sign
29 10—29 Waktu untuk menghubungi telah habis
30 10—30 Tidak mentaati peraturan
31 10—31 System antena
32 10—32 Radio check/report pesawat
33 10—33 Keadaan darurat/kecelakaan
34 10—34 Ada kerusakan/mohon bantuan
35 10—35 Informasi rahasia
36 10—36 Pukul berapa sekarang
37 10—37 Perlu mobil derek di….
38 10—38 Perlu ambulan di….
39 10—39 Pesan anda telah disampaikan
40 10—40 Perlu dokter di…
41 10—41 Silahkan pindah cenel/kanal
42 10—42 ada kecelakaan di….
43 10—43 Ada kemacetan di….
44 10—44 Ada pesan untuk anda
45 10—45 Dalam jangkauan harap lapor
46 10—46 Perlu bantuan montir kendaraan
47 10—50 Break/harap kosongkan cenel(kanal)
48 10—60 Ada pesan selanjutnya
49 10—62 tidak di mengerti harap lewat telepon
50 10—63 Pekerjaan dilanjutkan….
51 10—64 Pekerjaan telah selesai
52 10—65 Menunggu berita selanjutnya
53 10—67 Semua unit siap/setuju
54 10—69 Telah diterima
55 10—70 Ada kebakaran di….
56 10—71 Pesawat/Rig yang digunakan
57 10—73 Kurangi kecepatan pada….
58 10—74 Tidak/negatif
59 10—75 Penyebab gangguan
60 10—76 Dalam perjalanan ke….
61 10—77 Belum/tidak menghubungi
62 10—81 Tolong pesan kamar hotel
63 10—82 Pesankan kamar untuk….
64 10—84 No. telp. Saya
65 10—90 Mendapat gangguan
66 10—91 Agar bicara dekat mic
67 10—92 Pesawat anda perlu disetel
68 10—93 Radio check kecepatan frekwensi
69 10—94 Coba bicara agak panjang
70 10—95 Transmit selama 5 detik
71 10—97 Check jarum signal pesawat
72 10—99 Tugas selesai & semua selamat
73 10—100 Perlu ke kamar mandi
74 10—200 Perlu bantuan polisi di…….
75 10—300 Perlu pemadam kebakaran di….
76 10—400 Perlu bantuan tibun (penertiban umum) di…
77 10—500 Perlu bantuan provost
78 10—600 Perlu bantuan Garnisun di….
79 10—700 Perlu bantuan Timsar di…
80 10—800 Perlu bantuan petugas PLN di….
81 10—900 Perlu batuan di….
RAPI KABUPATEN BONE KODE PREQUENSI 14.360
Berikut adalah Daftar Kode 10 sandi yang digunakan dalam percakapan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) melalui udara.
10-1 Sulit didengar // Penerimaan buruk.. 10-41 Mohon pindah ke jalur / channel ...
10-2 Didengar jelas // Penerimaan baik.. 10-42 ADA KECELAKAAN DI ...
10-3 Berhenti mengudara / memancar .. 10-43 Kemacetan lalu lintas di ...
10-4 Benar // Dimengerti.. 10-44 Ada pesan untuk Anda
10-5 Ada pesan untuk disampaikan.. 10-45 Dalam jangkauan mohon melapor
10-6 Sedang sibuk kecuali ada berita penting.. 10-46 Memerlukan montir
10-7 Mengalami kerusakan // Tidak dapat mengudara.. 10-50 Mohon kosongkan jalur / channel
10-8 Tidak ada kerusakan // Dapat mengudara ..10-60 Apakah ada pesan selanjutnya ?
10-9 Mohon diulangi.. 10-62 Tidak dimengerti, melalui telepon saja
10-10 Penyampaian berita selesai.. 10-63 Tugas / pekerjaan dilanjutkan di ...
10-11 Berbicara terlalu cepat.. 10-64 Pekerjaan telah selesai / bersih
10-12 Mengundurkan diri karena ada tamu.. 10-65 Menunggu berita lanjutan
10-13 Laporan keadaan cuaca / jalanan.. 10-67 Semua unit setuju
10-14 Informasi.. 10-69 Pesanan telah diterima
10-15 Informasi sudah disampaikan.. 10-70 KEBAKARAN DI ...
10-16 Mohon dijemput / diambil di ... 10-71 Pesawat KRAP (RIG) yang dipakai
10-17 Ada urusan penting.. 10-73 Kurangi kecepatan di ...
10-18 Sesuatu untuk kita .. 10-74 Tidak // Negatif
10-19 Bukan untuk Anda, harap kembali ..10-75 Penyebab gangguan
10-20 Lokasi // Posisi.. 10-76 Dalam perjalanan ke ...
10-21 Kontak / hubungan melalui telepon.. 10-77 Belum / tidak menghubungi
10-22 Melapor langsung ke ... 10-81 Pesankan kamar di hotel ...
10-23 Menunggu // Stand by.. 10-82 Pesankan kamar untuk ...
10-24 Selesai melaksanakan tugas.. 10-84 Nomor telepon
10-25 Dapatkah menghubungi / kontak dengan ... 10-85 Alamat
10-26 Pesanan terakhir kurang diperhatikan.. 10-89 Butuh montir radio
10-27 Pindah ke jalur / channel ... 10-90 Gangguan pesawat televisi (TVI)
10-28 Nama panggilan // Callsign.. 10-91 Bicara dekat mikropon
10-29 Waktu hubungan / kontak habis.. 10-92 Pemancar perlu penyesuaian
10-30 Tidak menaati peraturan.. 10-93 Apakah frekuensi sudah tepat ?
10-31 Antena yang digunakan ..10-94 Berbicara agak panjang
10-32 Laporan sinyal dan modulasi // Radio check.. 10-95 Mengudara dengan sinyal setiap 5 detik
10-33 KEADAAN DARURAT // EMERGENCY... 10-97 Tes pada pemancar
10-34 Butuh bantuan, ada kesulitan di stasiun ini.. 10-99 Tugas selesai, semua orang selamat
10-35 INFORMASI RAHASIA.. 10-100 Akan ke kamar mandi
10-36 Jam berapa waktu yang tepat ?.. 10-200 BUTUH BANTUAN POLISI DI ...
10-37 PERLU MOBIL DEREK DI ... 10-300 BUTUH PEMADAM KEBAKARAN DI ...
10-38 PERLU AMBULANS DI ... 10-400 BUTUH PETUGAS KETERTIBAN UMUM DI ...
10-39 Pesan sudah disampaikan ... 10-500 BUTUH BANTUAN PROVOST DI ...
10-40 PERLU DOKTER ... 10-600 BUTUH BANTUAN GARNIZUN DI ...
10-700 BUTUH BANTUAN S.A.R. DI ...
10-800 BUTUH BANTUAN PERUSAHAAN LISTRIK DI
Posting Komentar